Cara Berwudhu Yang Benar

Diposting pada

Cara Berwudhu Yang Benar – Kita sebagai umat muslim sejatinya harus mengetahui bagaimana cara berwuduh yang benar, mengapa? Karena berwudhu merupakan suatu syarat sahnya sholat atau setiap ibadah yang kita laksanakan agar dapat diterima oleh Allah Swt. Seorang muslim dianjurkan berwudhu sebelum melaksanakan ibadah bertujuan untuk menghilangkan hadas-hadas kecil yang terdapat pada diri setiap muslim sebelum melaksanakan ibadah sholat dan ibadah-ibadah yang lainnya.

Penulis merangkum dari berbagai sumber, bahwa terdapat hadist lain yang menerangkan mengenai tata cara wudhu yang benar. Salah satunya ialah Utsman bin Affan radiyallahu’anhu berkata: “Barang siapa berwudhu seperti yang dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu, dan perjalanannya menuju masjid dan sholatnya sebagai tambahan pahala baginya.” (HR. Muslim)

Cara berwudhu yang benar adalah sebagai berikut:

1. Berniat

cara berwudhu yang benar pertama adalah berniat untuk berwudhu dengan tujuan untuk menghilangkan hadas kecil, adapun niat untuk berwudhu adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ الْأَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya:

Saya berniat wudhu untuk menghilangkan hadas kecil fardhu karena Allah Ta’ala.

2. Membaca Basmalah

Alangkah baiknya sebelum melaksanakan suatu kegiatan, sebaiknya dimulai dengan membaca basmalah, bukan hanya sebelum berwudhu akan tetapi setiap pekerjaan yang akan kita mulai sebaiknya dimulai dengan basmalah.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

artinya:

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

baca juga: 5 Akibat Meninggalkan Sholat

3. Membasuh pergelangan tangan

Membasuh tangan dimulai dari ujung jari sampai pergelangan tangan masing-masing sebanyak tiga kali semuanya harus terbasuh oleh air.

4. Berkumur-kumur

Berkumur-kumur bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang atau yang tidak sedap yang ada pada mulut

5. Membersihkan hidung

Membersihkan hidung dengan air yaitu dengan cara memasukkan air ke dalam lubang hidung dengan tujuan untuk menghilangkan atau mengeluarkan kotoran yang terdapat pada lubang hidung.

6. Membasuh Wajah

Membasuh wajah secara menyeluruh dengan batasan atas adalah rambut batasan kanan dan kiri adalah daun telinga kemudian batasan bawah adalah dagu, seluruh bagian tersebut harus terbasuh oleh air wudhu.

6. Membasuh Tangan

Membasuh tangan bagian ini yaitu dimulai pada pergelangan tangan hingga batas siku. di lakukan dimulai pada pergelangan sampai siku bukan malah sebaliknya. hal ini tidak boleh dilakukan terbali.

7. Mengusap telinga dan kepala

Setelah membasuh bagian tangan selanjutnya membasuh bagian telinga kanan dan kiri secara bersamaan kemudian dilanjutkan dengan mengusap kepala mulai dari depan hingga belakang sampai seluruh rambut basah dengan air.

8. Mencuci Kaki

Mencuci kaki di mulai dengan dari ujung jari sampai batas mata kaki seluruhnya harus terbasuh oleh air.

9. Tertib dan Berurutan

Semua urutan cara berwudhu yang benar diatas harus dilaksanakan secara berurutan, apabila tidak tertib maka wudhu tersebut tidak sah.

10. Membaca doa

seytelah rangkaian urutan cara berwudhu yang benar di laksanakan, selanjutnya diakhiri dengan membaca doa, yaitu sebagai berikut:

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللّٰهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Artinya:

Saya bersaksi tiada Tuhan melainkan Allah yang esa , tiada sekutu bagiNya . Dan saya bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hambaNya dan utusanNya

Ya Allah jadikanlah saya orang yang ahli taubat , dan jadikanlah saya orang yang suci , dan jadikanlah saya dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh.

Semoga paparan diatas bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang cara berwudhu yang benar

Sekian, Wassalamu’Alaikum warhamtullahi wabarakatuh.