5 Akibat Meninggalkan Sholat

Diposting pada

5 Akibat Meninggalkan Sholat – Assalamu’alaikum para pembaca yang dirahmati oleh Allah. Pada pembahasan yang lalu kita telah membahas bagaimana hakikat sholat dan keutamaannya. Nah kali ini kita akan membahas apa sih dosa bagi orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja?

Dizaman sekarang kita sudah tidak heran kita melihat betapa banyak orang disekitar kita dengan mudahnya meninggalkan sholat tanpa merasa bersalah atau berdosa, padahal sholat merupakan tiang agama juga merupakan sebuah identitas kita sebagai umat muslim yaitu melaksanakan perintahnya.

Kebanyakan dari mereka yang meninggalkan sholat fardhu 5 waktu tidak lain adalah kesibukan dunia, seperti pekerjaan,berjualan dan urusan duniawi lainnya sehingga mereka dengan berani meninggalkan sholat.

Adapun 5 akibat orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja yaitu:

1. Hilangnya keberkahan dalam umur akibat meninggalkan sholat

Akibat bagi orang yang senantiasa meninggalkan sholat tidaklain adalah Allah akan hilangkan keberkahan disetiap umurnya. Hilangnya keberkahan dalam umur di tandai dengan terlalu sibuk mengurus segala perkara duniawi tanpa memperdulikan ibadah-ibadah yang sebenarnya wajib kita laksanakan. selain itu kita kurang mengingat Allah kembali dan lidah kita tidak lagi tidak beristighfar kepada Allah.

2. Mendapatkan dosa lebih besar akibat meninggalkan sholat

Ibnu Qayyim Al Jauziah sepakat mengatakan bahwa orang yang meninggalkan sholat 5 waktu dengan sengaja maka akan mendapatkan dosa lebih besar dari dosa yang lainnya baik itu dosazina, membunuh, mencuri dan sebagainya. Dari sini sangat jelas bahwa seseorang yang meninggalkan sholat dengan sengaaja ancaman hukumannya sangat berat karena amalan yang pertama kali akan dihisab dihari kemudian yakni sholat lima waktu sebelum amalan yang lainnya.

3. Tergolong pelaku kesyirikan

Rasulullah Shallalhu ‘Alaihi wasallam bersabda bahwa yang menjadi pemisah antara hambanya ialah sholat, maka dari itu apabila seseorang telah meninggalkan sholat dengan sengaja maka orang tersebut telah melakukan kesyirikan kepada Allah Swt

baca juga: Keutamaan Sholat

4. Sudah Menjadi Kafir

Seseorang yang seudah dengan sengaja meninggalkan sholat lima waktu dengansengaja maka dia sudah bukan lagi termasuk bagian dari islam dan termasuk golongan orang yang keluar dari agama islam

5. Mendapatkan siksa saat sakaratul maut dan siksa Kubur

Akibat yang timbul akibat meninggalkan sholat yang akan menanti bagi seseorang yang meninggalkan sholat tidak lain adalah menghadapi sakaratul maut yang sangat pedih yang dirasakan dan hina bahkan orang tersebut mati dalam keadaan kelaparan setelah itu ia akan dihadapkan kembali dengan siksa kubur yang amat pedih yang akan dirasakannya seperti disempitkan kuburannya dan terus diberikan siksa yang amat pedih sampai hari kiamat datang. Naudzubillah..

Demikianlah 5 akibat meninggalkan sholat yang saya paparkan diatas semoga itu menjadi cambuk bagi kita agar terus melakukan ketaantan kepada Allah Swt, Karena suatu saat kita akan mempertanggung jawabkan perbuatan kita masing-masing setelah apa yang kita perbuat di dunia ini dan pada saat itu tidak akan ada lagi yang dapat menolong kita kecuali amal perbuatan sendiri.

Sekian, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamu’Alaikumwarahmatullahi wabarakatuh.