6 Tips Meraih Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat

1 min read

6 Tips Meraih Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat – Kebahagiaan dunia dan akhirat merupakan dambaan setiap orang utamanya umat muslim, Tidak ada satupun manusia yang ingin hidup susah, gelisah, dan tidak merasakan ketentraman. Akan tetapi setiap manusia memiliki prinsip dan cara pandang yang berbeda dalam mengukur kebahagiaan. Karena yang paling memengaruhi seseorang dalam mengukur kebahagiaan adalah prinsip dan pandangan hidup yang dipijakinya.

Bagi seorang Muslim, kebahagiaan tidak selalu berupa kemewahan dan keberlimpahan materi duniawi. Sebagai muslim yang baik selayaknya kita berusaha memperoleh kebahagiaan itu dengan cara yang diridhoi oleh Allah SWT.

Lantas bagaimana cara kita agar dapat meraih kebahagiaan tersebut?

Berikut 6 Tips Meraih Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat yang dapat kita lakukan setiap hari:

1. Perbanyak Bersyukur

Bersyukur atas segala yang telah diberikan oleh Allah Adalah bentuk pengakuan kitas kepada Allah SWT atas seluruh apa yang ia berikan, utamanya ketika Allah SWT masih memberikan kita nikmat kesehatan sehingga kita masih bisa melaksanaka seluruh aktifitas dan keseharian kita utamanya senantiasa beribadah kepadanya

2. Perbanyak Berbagi

Seperti yang kita ketahui bahwa berbagi kepada sesama muslim dapat membahagiakan saudara kita sesama muslim dan ketika kita membuat mereka bahagia maka kitapun akan merasakan kebahagiaan yang kita berikan dan ini juga insya Allah akan memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat

3. Hidup Sederhana

Hidup sederhana merupakan sebuah pilihan karena kita menyadari bahwa harta yang kita miliki hanyalah sebuah titipan oleh Allah SWT. Dengan hidup sederhana kita lebih bisa merasakan arti hidup yang sebenarnya, selain itu dengan hidup sederhana membuat kita senantiasa bersyukur atas apa yang dimiliki dan apa yang diberikan oleh Allah SWT.

4. Umur yang Berkah

Dengan bertambahnya umur dari waktu ke waktu maka harus dibarengi dengan peningkatan amal shaleh yang dilakukannya yaitu dengan  mengiisi dengan amal ibadah disetiap waktunya. Semakin tua semakin rindu untuk bertemu dengan Sang Pencipta. Inilah semangat hidup orang-orang yang berkah didalam umurnya. 

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَىٰ حَيَاةٍ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ الْعَذَابِ أَنْ يُعَمَّرَ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِمَا يَعْمَلُونَ 

“Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.”
(QS. Al-Baqarah : 96) 

baca juga: Tafsir QS. Al-Baqarah : 96

5. Memilik Anak yang Sholeh

Memiliki anak yang sholeh merupakan kebahagiaan bukan hanya didunia akan tetapi kebahagiaan diakhirat juga akan didapatkan oleh orangtuanya karena kelak anaknyalah yang akan mendoakannya.

وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا 

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al-Israa’ : 23)

baca juga: 10 Cara Mendidik Anak Dengan Cara Islami

6. Pasangan Yang Sholeh/Sholehah

Mendapatkan pasangan yang yang sholeh/sholehah merupakan kebahagiaan yang tak terhingga karena mereka telah menyempurnakan separuh dari agamanya. Selain itu memiliki pasangan sholeh dan sholehah juga mewujudkan keluarga sakinah mawadah warahmah.

Diantara kebahagiaan anak Adam (adalah) istri shalihah, tempat tinggal yang baik dan kendaraan yang baik.” (HR Achmad) 

Semoga Sajian yang kami berikan mengenai 6 Tips Meraih Kebahagiaan Dunia Dan Akhirat memberikan manfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *