10 Adab Makan Dan Minum Menurut Islam

3 min read

10 Adab Makan Dan Minum Menurut Islam – Makan merupakan sebuah kebutuhan seluruh mahluk hidup yang ada dimuka bumi, mengapa tidak, karena makan merupakan sumber tenaga sebelum melakukan aktivitas. Seiring perkembangan zaman, banyak diantara kita yang sudah tidak lagi memperhatikan bagaimana adab makan bahkan berdoa sebelum makan terkadang sudah dilupakan minimal membaca basmalah sudah tidak diperhatikan lagi.

Berikut 10 adab makan dan minum menurut menurut islam yang patut kita amalkan:

1.Makan Makanan Yang Halal

Sebagai seorang muslim yang baik, kita harus senantiasa memperhatikan kehalalan makan yang kita konsumsi harus dalam keadaan yang baik.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلرُّسُلُ كُلُوا۟ مِنَ ٱلطَّيِّبَٰتِ وَٱعْمَلُوا۟ صَٰلِحًا ۖ إِنِّى بِمَا تَعْمَلُونَ عَلِيمٌ

Yā ayyuhar-rusulu kulụ minaṭ-ṭayyibāti wa’malụ ṣāliḥā, innī bimā ta’malụna ‘alīm Artinya:

Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam ayat diatas sudah jelas kita diperintahkan untuk senantiasa memakan makanan yang baik dan halal selain itu senantiasa melakukan amal kebaikan.

2. Tidan Mencela Makanan

Kita dianjurkan untuk memakan makanan yng baik selain itu kita dilarang mencela makanan apapun itu karena makanan merupakan karunia dan pemberian dari Allah SWT

Sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا عَابَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ طَعَامًا قَطُّ إِنْ اشْتَهَاهُ أَكَلَهُ وَإِنْ كَرِهَهُ تَرَكَهُ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mencela makanan sekali pun. Apabila beliau berselera (suka), beliau memakannya. Apabila beliau tidak suka, beliau pun meninggalkannya (tidak memakannya).” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Segera Makan Begitu Makanan Dihidangkan

Salah satu adab yang perlu diperhatian yaitu segera memakan makan yang telah dihidangkan diatas meja meskipun adzan dan iqamah telah dikumandangkan

Apabila makan malam telah dihidangkan dan shalat telah ditegakkan, maka mulailah dengan makan malam dan janganlah tergesa-gesa (pergi shalat) sampai makanmu selesai.” (Hadits Muttafaqun ‘alaih)

4. Tidak Menggunakan Emas Dan Perak

Dalam menyantap makanan kita dilarang untuk menggunakan peralatan makan dari emas, karena perbuatan tersebut meniru perbuatan kaum non muslim sedangkan menggunakan peralatan dari emas dan perak baru akan digunakan ketika kita sudah berada didalam surga kelak

5. Berdoa Sebelum dan Sesudah Makan

Berdoa sebelum makan sangat dianjurkan didalam islam karena dengan berdoa insya Allah kita mendapat keberkahan didalamnya selain itu berdoa sebelum makan merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat makanan.

Rasulullah saw bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan maka ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir -aku makan-)” (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

6. Makan Makanan Yang Terdekat

Memulai makanan yang terdekat juga sangat dianjur kan karena jangan sampai kita memulai makanan dari yang terjauh justu mengganganngu saudara yang berada didekar kita yang sedang makan.

Umar Ibnu Abi Salamah radhiyallahu’anhuma berkata, “Saya dulu adalah seorang bocah kecil yang ada dalam bimbingan (asuhan) Rasulullah saw. Tangan saya (kalau makan) menjelajah semua bagian nampan. Maka Rasulullah saw menegur saya, ‘Wahai bocah bacalah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah dari yang terdekat denganmu.’ Maka demikian seterusnya cara makan saya setelah itu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

7. Makan Jangan Berlebihan.

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, salah satunya adalah makan. makan tidak dianjurkan untuk tidak berlebihan karena makan yang berlebihan tidak disenangi oleh Allah

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Yā banī ādama khużụ zīnatakum ‘inda kulli masjidiw wa kulụ wasyrabụ wa lā tusrifụ, innahụ lā yuḥibbul-musrifīn

Artinya: Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. (Qs. Al-A’raf: 31)

baca juga: Tafsir QS. Al-A’raf: 31)

8. Duduk Ketika Makan dan Minum

Ketika sedang makan, kita dianjurkan untuk duduk ketika makan an tidak dianjurkan makan dan minum dalam keadaan berdiri

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- زَجَرَ عَنِ الشُّرْبِ قَائِمًا

Artinya: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam sungguh melarang dari minum sambil berdiri.” (HR. Muslim).

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu pula, ia berkata,

عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّهُ نَهَى أَنْ يَشْرَبَ الرَّجُلُ قَائِمًا

Artinya: “Dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di mana beliau melarang seseorang minum sambil berdiri.” Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya (pada Anas), “Bagaimana dengan makan (sambil berdiri)?” Anas menjawab, “Itu lebih parah dan lebih jelek.” (HR. Muslim no. 2024). Para ulama menjelaskan, dikatakan makan dengan berdiri lebih jelek karena makan itu membutuhkan waktu yang lebih lama daripada minum.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَ يَشْرَبَنَّ أَحَدٌ مِنْكُمْ قَائِمًا فَمَنْ نَسِىَ فَلْيَسْتَقِئْ

Artinya: “Janganlah sekali-kali salah seorang di antara kalian minum sambil berdiri. Apabila dia lupa maka hendaknya dia muntahkan.” (HR. Muslim)

9. Senantiasa Menggunakan Tangan Kanan

Rasulullah saw mendoakan keburukan bagi orang yang tidak mau makan dengan tangan kanannya. Seseorang makan di hadapan Rasulullah Saw dengan tangan kirinya, maka beliau bersabda, “Makanlah dengan tangan kananmu.” Orang itu menjawab, “Saya tidak bisa.” Beliau bersabda, “Semoga kamu tidak bisa!” Orang tersebut tidak mau makan dengan tangan kanan hanya karena sombong. Akhirnya dia benar-benar tidak bisa mengangkat tangan kanannya ke mulutnya. (HR. Muslim).

10. Berdoa Setelah Makan

Berdoa bukan hanya sebelum makan saja, aakan tetapi berdoa juga ketika setelah makan akan menambah keberkahan dari apa yang kita makan

Bacaan Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimiin”

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.(HR.Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi).

baca juga: 5 Adab Seorang Muslim Ketika Bangun Tidur

Semoga Sajian yang kami berikan dapat menambah wawasan kita tentang bagaimana adab makan menurut islam sesuai tuntunan nabi kita Muhammad SAW. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *