8 Hak Orang Tua Terhadap Anaknya

2 min read

8 Hak Orang Tua Terhadap Anaknya – Islam merupakan agama yang indah, segala perkara sudah diatur didalamnya, termasuk berbakti kepada orang tua. Sebagai orang tua seyogyanya untuk mengajarkan tentang agama lebih dalam ketimbang ilmu duniawi lainnyaa karena kelak anaklah yang akan menjadi generasi atau penerus orang tuanya bahkan seorang anak dapat menjadi penolong orantuanya kelak.

Setelah orang tua mengajarkan dan mendidik anaknya, seorang anak harus mengetahui kewajibannya untuk berbakti kepada orangtuanya, seperti seorang anak senantiasa memberikan hak orang tuanya terhadap dirinya atas pengorbanan yang dilakukan orang tua.

Berikut 8 Hak orang tua terhadap anaknya yang patut kita ketahui:

1. Didoakan

Senantiasa mendoakan orang tua merupakan hal yang wajib dan mutlak dilakukan anak, sebaiknya kita mendoakan orang tua kita setiap saat, minimal setelah melaksanakan sholat lima waktu kitasenantiasa mendoakannya, apalagi jika orang tua kita telah dipanggil oleh Allah SWT menjadi hal yang mtlak dilakukan seorang anak agar orang tuanya mendapatkan kelapangan dan kebahagiaan dialam kubur.

Doa paling afdhal dan yang paling mudah adalah minimal doa terhadap kedua orang tua

Berikut bacaan doauntuk kedua orangtua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya, “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil.”

berikut doa memohon ampunan dosa untuk kedua orang tua

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا. وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ،اَلْاَحْيَآءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ، وَتَابِعْ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ بِالْخَيْرَاتِ، رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَاَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِيْنَ، وَلاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّبِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya, “Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah diantara kami dan mereka dengan kebaikan. Ya Allah, berilah ampun dan belas kasihanilah karena Engkaulah Tuhan yang lebih berbelas kasih dan tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.”

2. Mentaati Orang Tua

Sebagai seorang anak yang baik, sepantasnya kita selalu mendengar dan mengukuti perkataan dan keinginan orang tua. Kita sangat dilarang untuk membantah atau melawan orang tua bahkan sampai membuatnya sedih.

۞ وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوٓا۟ إِلَّآ إِيَّاهُ وَبِٱلْوَٰلِدَيْنِ إِحْسَٰنًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ ٱلْكِبَرَ أَحَدُهُمَآ أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُل لَّهُمَآ أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا

Arti: Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. (QS. Al-Isra: 23-24)

baca juga: Tafsir QS. Al-Isra: 23-24

3. Berbicara Dengan Lembut

Masih berkaitan dengan ayat diatas, berbicara dengan lembut kepada orang tua sudah sangat dianjurkan dan diatur didalam Al-qur-an, selain sebagai bentuk ibadah juga dapat membuat perasaan orang tua menjadi nyaman dan bahagia dengan perlakuan dan kelembutan anaknya.

4. Diperlakukan Dengan Hormat

Sebagai orangtua pasti sangat bangga apabila anaknya senantiasa diperlakukan dengan hormat oleh anaknya sendiri. Kita sangat berdosa apabila menyakiti perasaan mereka, apalagi sampai membuatnya menangis karena membuatnya kecewa.

5. Diberi Nafkah

Memberi nafkah menjadi kewajiban seorang anak apabila orang tuatelah pensiun atau sudah tidak bekerja lagi, sebagai bentuk bakti kita kepada orang tua bila menafkahi dan memenuhi segala kebutuhan orang tua dan membuat mereka bahagia

6. Meminta Izinnya

Segalasesuatu yang akan dilakukan seorang anak dalam segala keputusan harus meminta izin kepadanya selain kita mendapat doa darinya kita juga akan mendapatkan kelancaran atas doa dari mereka

7. Berlaku Baik Terhadap Keluarganya

Berlaku baik terhadap seluruh keluarganya menjadi sebagai keharusan karena itu menjadi tanggung jawab kita sebagai anak, apalagi juga orangtua telah tiada, menjalin hubungan baik dengan keluarga orang tua akan membuat mereka tenang dan bahagia

baca juga: 6 Manfaat Silahturrahmi dalam Kehidupan Bermasyarakat

8. Menyelasaikan Sangkutan-sangkutannya

Sebagai seorang anak, wajib untuk menyelesaikan sangkutan-sangkutannya yang pernah dilakukan orang tuanya. Apalagi jika orangtua kita sudah tiada maka kita sebagai anak wajib untuk menyelesaikan sangkutan-sangkutan orang tua baik itu janjinya maupun hutang-hutangnya segera.

Semoga apa yang kami sajikan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua, utamanya kita akansenantiasa berbakti dan memberikan hak orang tua atas diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *