Syarat Sholat Berjamaah Di Masjid

1 min read

Syarat Sholat Berjamaah Di Masjid – Sholat adalah ibadah pertama yang diwajibkan Allah. Perintah sholat diterima Rasulullah SAW tanpa melalui perantara dalam peristiwa Isra Mikraj.

Sholat merupakan tiang agama dalam rukun Islam yang kedua setelah syahadat. Sholat dibagi menjadi dua jenis yaitu sholat wajib atau fardhu dan sholat sunah.

Sholat dimulai saat takbiratul ikhram dengan mengangkat kedua tangan, lalu berdiri, rukuk, sujud, dan diakhiri salam. Setiap gerakan dikerjakan secara berurutan.

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat berjamaah di masjid memiliki derajat pahala yang lebih tinggi dari pada sholat sendirian.

صَلاَةُ الجَمَاعَةِ تَفضُلُ صَلاَةِ الفَذِّ بِسَبعٍ وَعِشْرِيْنَ دَرَجَةٍ

Keutamaan shalat jama’ah daripada shalat sendiri itu dengan 27 derajat.

Setelah kita mengetahui bahwa pahala sholat berjamaah di masjid lebih tinggi maka dari itu kita sebagai umat muslim harus senantiasa menjaga sholat berjamaah kita, akan tetapi dalam sholat berjamaah memilik syarat agar sholat berjamaah kita di terima oleh Allah Swt.

Syarat sholat berjamaah di masjid adalah sebagai berikut:

1. Memiliki Imam

syarat sholat berjamaah di masjid yang pertama adalah memiliki imam. Memilih atau menjadi seorang imam, lebih diutamakan seseorang yang pandai membaca Alquran dan memiliki hafalan surat-surat Alquran yang mumpuni. Selain paham bacaan sholat, imam juga harus paham rukun sholat.

2. Memiliki Makmum

Sholat berjamaah di masjid selain ada imam juga harus memiliki makmum. Makmum dimulai dari satu orang sampai tak terhingga

3. Makmum Mengikuti Imam

Makmum wajib mengikuti seluruh gerakan imam mulai dari takbiratul ihram sampai imam membaca salam tanda selesainya sholat berjamaah.

4. Imam dan makmum berada dalam satu lokasi

Jarak antara imam dengan makmum tidak boleh terlalu jauh dan harus berada didalam satu area masjid meskipun terdapat jamaah yang berada di teras mesjid sholat mereka tetap sah yang penting masih tetap berada di lingkungan masjid dan suara imam dapat terdengar oleh makmum.

5. Berniat Sholat Berjamaah

Makmum haruskan berniat untuk sholat berjamaah atau sholat menjadi makmum

baca juga: Syarat Sah Sholat

Demikian syarat sholat berjamaah dimasjid semoga bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *