6 Manfaat Silahturahmi dalam kehidupan Bermasyarakat

1 min read

6 Manfaat Silahturahmi dalam kehidupan Bermasyarakat – Bersilahturahmi merupakan sebuah perbutan baik yang atau merupakan amalan baik yang sangat mudah dilakukan, mengapa tidak karena bersilahturahmi kita dapat menyambung tali persaudaraan antar sesama baik itu teman, kerabat, maupun anggota keluarga.

Berikut 6 manfaat silahturahmi dalam kehidupan bermasyarakat:

1. Wujud Keimanan Seorang Muslim

Jika seseorang mengaku bahwa dirinya beriman kepada Allah, maka hendaknya dia memperbanyak silahturahmi menjalin tali persaudaraan antar sesama muslim.

Dari Abu Hurairah RA. Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang beriman pada Allah dan hari akhirat maka lakukanlah  silaturahmi (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Memperlapang Umur dan Rezeki

Seperti yang kita ketahui bahwa bersilahturahmi sangat dianjurkan dalam agama islam, salah satu manfaatnya adalah dapat memperlapang atau memperpanjang umur dan mempertlapang rezeki setiap muslim yang menjalin silahturrahim.

Imam Al-Bukhari meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu ia berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ

“Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi.” (HR. Bukhari no. 5985 dan Muslim no. 2557).

3. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Sebagai ibadah yang dianjurkan oleh Allah Swt, Bersilahturahmi juga merupakan sarana atau cara kita mendekatkan diri kepadanya karena ibadah tersebut inilah merupakan anjurannya.

Apapun yang kita lakukan selama masih berada didalam ketentuan Allah Swt niscaya akan mempermudah kita dalam memperoleh imbalan surga sekaligus menjauhkan diri dari siksa neraka. Termasuk penyebab yang diakibatkan permusuhan karena tidak pernah menjalin silaturahmi

4. Menjadikan Hidup Lebih Bermakna

Bersilaturahmi sangat memberi pengaruh terhadap segala sesuatu yang buruk dan meminimalisir terjadinya konflik antar sesama. Bahkan bukan hanya meminimalisir, melainkan dapat mencegahnya.

Ketika ada orang mengunjungi rumah kita atau sebaliknya dengan tujuan yang baik, tentu sangat tidak mungkin kita atau orang lain memiliki rasa dendam, dengki, dan sejenisnya.

Hal ini apabila kita contohkan dalam kehidupan kita utamanya dengan keluarga besar atau tetangga, maka kita bisa membuat hidup terasa lebih nyaman karena kita terhindar dari upaya saling menyalahkan satu sama lain. Selain itu kita juga akan lebih leluasa dalam menjalankan ibadah.

5. Menjaga Keharmonisan

Melahirkan suasana yang rukun antar sesama di sekeliling kita sebagai gambaran cara hidup orang-orang yang mulia. Sebab kita telah menjalankan cara hidup terpuji, sesuatu yang diperintahkan oleh Allah yaitu dengan bersilahturrahim

Sebagaimana yang kita ketahui, setiap orang tidak pernah luput dari yang namanya kesalahan. Silaturahmi dijalin agar kita sama-sama bisa memaklumi dan saling memaafkan satu sama lain. Bahayanya lagi, orang yang memutus tali persaudaraan dapat menjadikan hidup seseorang terasa sempit.

6. Menjadi Sebab Dimasukkan kedalam Surga

Silaturahim adalah bentuk dakwah sosial. Apabila diniatkan karena Allah SWT, Insya Allah akan membawa pelakunya menjadi ahli syurga.  Silaturahim yang utama adalah dengan keluarga dan saudara dekat. Pupuk dan jaga agar jangan sampai retak.  Kadang seseorang dapat menjaga hubungan baik dengan orang lain akan tetapi dengan saudara sekandung malah jauh bahkan bermusuhan akibat terjangkiti penyakit iri dengki.  Semoga Allah melindungi kita dari hal demikian.

baca juga: 9 Amalan Sunnah Disunnah
baca juga: Ayat Tentang Silahturahmi

Semoga Manfaat silahtuurahmi dalam kehidupan bermasyarakat yang kami sajikan diatas dapat memberikan manfaat bagi pembaca yang budiman. Semoga Allah Melindungi kita dari sifat-sifat buruk.

Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *