4 Kiat Masuk Surga Dengan Selamat

1 min read

4 Kiat Masuk Surga Dengan Selamat – Setiap umat muslim pasti mendambakan masuk kedalam surganya Allah SWT diakhirat kelak, untuk mendapatkan seluruh yang diimpikan, maka selama kita masih diberikan kesempatan oleh Allah, masih memberikan kita nikmat kesehatan maka kita manfaatkan untuk melakukan kebaikan dan amalat yang dapat menghantarkan kita kedalam surganya Allah SWT Kelak. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu agar kita bisa masuk surga dengat selamat.

Berikut adalah 4 kiat masuk surga dengan selamat diantaranya adalah:

1. Menyebarluaskan Salam.

Menyebarkan salam diantara sesama kaum muslimin yaitu dengan mengucapkan Assalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh. Salam yang berarti selamat atau damai adalah poin pertama yang disampaikan oleh Rasulullah Shallahu alaihi wasallam yang bermakna beliau membawa sebuah misi perdamaian dan keselamatan bagi umat manusia, ini tentu sangat manarik karena selama ini orang – orang arab sibuk berperang dan saling dendam satu sama lain akibat perang, pembunuhan dan balas dendam, tentu orang arab sudah merasa bosan dengan permasalahan dendam dan pertengkaran itu, sedangkan Nabi Shallahu alaihi wasallam datang dengan membawa misi baru yang memang semua orang sedang mencari perdamaian dan keselamatan tersebut, bagaimana tidak berapa banyak orang yang menjadi yatim, menjanda, kehilangan keluarga bahkan orang tua yang diakibatkan oleh perperangan yang tidak kunjung usai saat itu.

2. Menyambung Silahturrahmi.

Menyambung silahturahmi sangat dianjurkan dalam agama islam, salah satu manfaatnya adalah dapat memperlapang atau memperpanjang umur dan memperlapang rezeki setiap muslim yang menjalin silahturrahim, selain itu dengan silahturahmi dapat menimbulkan kehangatan antar sesama keluarga dan kerabat.

Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata:

مَنِ اتَّقَى رَبَّهُ، وَوَصَلَ رَحِمَهُ، نُسّىءَ فِي أَجَلِه وَثَرَى مَالَهُ، وَأَحَبَّهُ أَهْلُهُ

“Siapa yang bertakwa kepada Rabb-nya dan menyambung silaturrahmi niscaya umurnya akan diperpanjang dan hartanya akan diperbanyak serta keluarganya akan mencintainya.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 58, hasan)

baca juga: 6 Manfaat Silahturahmi dalam kehidupan Bermasyarakat

3. Memberikan Makan

Memberikan makan yang diamksudkan disini adalah berinfak, sedekah, dan memberikan makan kepada fakir miskin dan mereka para anak yatim.

Nabi Muhammad Shallahu alaihi wasallam orang yang punya kepedulian kepada sesama, tidak memikirkan dirinya sendiri atau kelompoknya, misi sosial seperti akan sangat mudah diterima manusia meskipun dengan latar belakang agama yang berbeda sekalipun, ini adalah kebutuhan bersama dan hajat utama anak manusia, bahkan di dalam Al Quran sendiri mengajak manusia untuk memberi makan kepada orang lain dan dianggap itu sebagai ibadah yang mulia, bahkan ia merupakan amalan atau perbuatan yang paling dicintai okeh Allah taala.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ، أَوْ تَكْشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً، أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا

Dan amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah kegembiraan yang engkau masukan ke hati seorang mukmin, atau engkau hilangkan salah satu kesusahannya, atau engkau membayarkan hutangnya, atau engkau hilangkan kelaparannya.

4. Bangun Sholat Malam

Saat paling afdal untuk berdoa atau waktu mustajab untuk berdoa adalah diwaktu sholat disepertiga malam yaitu tatkala Allah SWT turun ke langit dunia untuk menjawab permohonan hamba yang berdoa dan mengampuni hamba memohon ampun.

Shalat malam sebagai tanda keimanan kepada Allah.

Allah ‘azza wajalla berfirman,

اِنَّمَا يُؤْمِنُ بِاٰيٰتِنَا الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِّرُوْا بِهَا خَرُّوْا سُجَّدًا وَّسَبَّحُوْا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ. تَتَجَافٰى جُنُوْبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُوْنَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَّطَمَعًاۖ وَّمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ

“Orang-orang yang beriman dengan ayat-ayat Kami, hanyalah orang-orang yang apabila diperingatkan dengannya (ayat-ayat Kami), mereka menyungkur sujud dan bertasbih serta memuji Tuhannya, dan mereka tidak menyombongkan diri. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan penuh harap, dan mereka menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” (QS. As-Sajdah: 15-16)

baca juga: Tafsir Qs. As-sajdah Ayat 15

Semoga sajian yang kami berikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah Swt kelak memasukkan kita kedalam surganya setelah melaksanakan 4 kiat masuk surga dengan selamat. Semoga kita tergolong orang-orang yang bertaqwa dihadapan Allah SWT. Aamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *