9 Amalan Sunnah Dihari Jum’at

2 min read

9 Amalan Sunnah Dihari Jum’at – Hari Jum’at dapat dikatakan hari yang sangat istimewah bagi umat islam, karena hari tersebut karena banyak kejadian penting yang terjadi pada hari jumat. Salah satunya Nabi Adam As diciptakan pada hari jumat. selain itu hari jumat juga merupakan hari yang terdapat waktu yang sangat mustajab untuk berdoa.

hari jumat merupakan hari yang istimewah, akan tetapi bukan berarti hari lain menjadi buruk, tidak. Pada dasarnya suluruh hari itu baik, akan tetapi hari jumat terdapat keistimewaan tersendiri.

Berikut adalah 9 amalan sunnah dihari jum’at yang dapat kita lakukan:

1. Membaca Surah As-sajdah dan Al-Insan

Ketika masuk waktu sholat subuh di hari jum’at, alangkah baiknya apabila menyambut subuh dengan surah as-sajdah dan al-insan pada saat sholat subuh.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada salat Shubuh di hari Jumat “Alif Lammim Tanzil…” (Surat As-Sajdah) pada rakaat pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (Surat Al Insan) pada rakaat kedua.” (H.R Muslim No. 880)

2. Membaca Surah Al-kahfi

Seperti yang kita ketahui bahwa, pada Malam Jum’at dan hari jum’at kita dianjurkan untuk membaca Surah Al-kahfi. Benar saja membaca Surah Al-Kahfi dapat kita jadikan rutinitas yang baik setiap malam jumat dan hari jumat agar kita mendapatkan kemuliaan pada hari jumat

Hadits pertama:

مَنْقَرَأَسُورَةَالْكَهْفِلَيْلَةَالْجُمُعَةِأَضَاءَلَهُمِنَالنُّورِفِيمَابَيْنَهُوَبَيْنَالْبَيْتِالْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Hadits kedua:

مَنْقَرَأَسُورَةَالْكَهْفِفِىيَوْمِالْجُمُعَةِأَضَاءَلَهُمِنَالنُّورِمَابَيْنَالْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

3. Memperbanyak Dzikir dan Shalawat Nabi

Berdzikir dapat membuat kita senantiasa mengingat Allah. berdzikir dan Membaca shalawat dapat membantu kita ketika dalam kesulitan baik itu didunia maupun di akhirat.

4. Bergegas Ke Masjid

Bagi musim laki-laki diwajib untuk segera bergergas ke Masjid apabila telah masuk sholat jum’at dan wajib hukumnya muslim laki-laki untuk sholat jumat di masjid

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. ( Qs. Al-Jumuah: 9).

5. Mandi Dihari Jumat

Terdapat sunnah Mandi dihari jumat, mandi ini tentu berbeda dengan mandi pada hari biasanya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, maka ia mandi seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

“Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang telah baligh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

6. Memakai Pakaian Terbaik

pada saat hendak melaksanakan sholat jum’at kita disunnahkan untuk memakai pakaian terbaik ketika akan melaksanakan sholat jum’at

7. Memakai Minyak Wangi

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu shalat sesuai dengan kemampuan dirinya, dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jum’at ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

8. Memperbanyak Sedekah

Bersedekah dihari jum’at memiliki keistimewaan tersediri dihari jumat, untuk itu kita dianjurkan memperbanyak sedekah, selain membantu orang lain, sedekah juga dapat mambuk pintu rezeki.

9. Perbanyak Doa

Seperti yang kita ketahui bahwa hari jum’at terdapat waktu yang mustajab untuk berdoa, maka dari itu alangkah baiknya kita untuk memperbanyak doa ketika hari jumat.

baca juga: Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Demikian 9 Amalan sunnah dihari jum’at yang dapat kita lakukan, semoga sajian yang kami berikan dapat bermanfaat bagi kita semua, semoga kita tergolong sebagai manusia yang bertaqwa kepada Allah Swt

Sekian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *