Waktu Mustajab Untuk Berdoa

2 min read

Waktu Mustajab Untuk Berdoa – Berdoa merupakan senjata bagi orang muslim. Agar doa kita dapat segera di dengarkan atau dikabulkan oleh Allah Swt maka kita perlu mengetahui waktu mustajab untuk berdoa.

Ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa adalah sebagai berikut:

1. Sepertiga Malam Terakhir

Waktu malam merupakan waktu yang dijanjikan oleh Allah merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa utamanya di sepertiga malam terakhir

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

“Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir di setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku akan Kukabulkan, siapa saja yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberi, siapa saja yang memohon ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari dan Muslim)

baca juga: 5 Adab Seorang Muslim Ketika Bangun Tidur

2. Setiap Selesai Sholat Wajib

Waktu mustajab untuk berdoa selanjutnya adalah setelah melaksanakan sholat wajib, maka dari itu kita dianjurkan ketika selesai sholat langsung keluar dari mesjid, akan tetapi kita berdzikir terlebih dahulu kemudian memohon ampun dan pertolongan Allah Swt dan berdoa Insya Allah Doa kita akan terkabul.

3. Waktu Sujud Dalam Sholat

Waktu sujud merupakan waktu dimana kita seorang hamba sangat dekat kepada Allah Swt sang pencipta, maka dari itu kita disunnahkan untuk memperpanjang sujud kemudian banyak berdoa kepada Allah utamanya pada sujud terakhir

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim).

4. Ketika Adzan Berkumandang

Ketika adzan berkumandang kita dilarang untuk berbicara dan di sunnahkan untuk diam kemudian menjawab adzan tersebut didalam hati sembari berdoa karena waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa

hadis dari Sahl bin Sa’ad, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua doa yang tidak akan ditolak: Doa ketika azan dan doa ketika turunnya hujan.”

Apabila Allah memberi nikmat hujan, dianjurkan bagi seorang Muslim dalam rangka bersyukur kepada-Nya untuk membaca doa:

اللَّهُمَّ صَيِّباً ناَفِعاً

“Allahumma shoyyiban naafi’aa (Ya Allah, turunkanlah kepada kami hujan yang bermanfaat).”

5. Antara Adzan dan Iqomah

Setelah adzan selesai, juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa, maka kita dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa antara adzan dan iqomah kemudian sebisa mungkin kita hindari bercerita dan berbicara agar waktu mustajab untuk berdoa ini tidak lewat begitu saja.

لاَ يُرَدُّ الدُّعَاءُ بَيْنَ الأَذَانِ وَالإِقَامَةِ

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ahmad; shahih)

6. Ketika Turun Hujan

Banyak dari kita mencela ketika turun hujan, mereka tidak mengetahui ternyata saat turun hujan merupakan waktu mustajab untuk berdoa, maka perbanyaklah berdoa ketia turun hujan.

7. Hari Jum’at

Hari jum’at merupakan hari yang spesial umat islam karena pada hari jum’at terdapat sholat jum’at dan juga termasuk waktu mustajab untuk berdoa yaitu ketika khatib mulai naik di atas mimbar, antara ceramah pertama dan kedua sampai selesai sholat jumat kemudian waktu mustajab untuk berdoa lagi yaitu terdapat pada akhir waktu sore yaitu setelah sholat ashar sampai terbenamnya matahri.

8. Ketika Berbuka Puasa

Ketika waktu berbuka puasa terdapat dua kebahagiaan hambanya yaitu ketika berbuka dan kelak akan bertemu dengan rabbnya selain mendapatkan dua kebahagiaan tersebut, waktu tersebut juga termasuk waktu yang mustajab untuk berdoa

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

“Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah; hasan)

9. Sebelum Meminum Air Zam-Zam

Waktu mustajab selanjutnya yaitu saat sebelum meminum air zam-zam alangkah baiknya agar kita berdoa diwaktu itu karena waktu tersebut merupakan waktu mustajab untuk berdoa.

10. Hari Arafah

Hari Arafah jatuh pada tanggal 9 dzulhijjah yang diamana seluruh jamaah haji seluruh dunia melaksanakan wukuf, namun hari tersebut juga termasuk kedalam waktu mustajab untuk berdoa

Semoga kita senantiasa untuk berdoa dan memohon kepada Allah agar kebaikan senantiasa datang kepada kita. Semoga Bermanfaat.

Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *