Syarat Sah Sholat

1 min read

Syarat Sah Sholat Berjamaah – Sholat Merupakan merupakan rukun islam yang kelima dan ibadah yang paling utama kelak akan dihisab dihari kemudian, maka dari itu kita sepantasnya mempersiapkan bekal kita kelak di akhirat utamanya senantiasa memperhatikan syarat sah sholat.

Bagaimana mungkin seluruh amalan kita diterima apabila amalan sholat kita tidak beres, maka dari itu kali kita akan membahah syarat sah sholat agar sholat kita diterima oleh Allah Swt

Syarat sah sholat adalah sebagai berikut:

1. Suci Dari Hadas

Yang paling pertama diperhatikan agar sholat kita bisa sah adalah suci dari hadas baik itu hadas besar maupun hadas kecil. Untuk membersihkan diri dari hadas kecil cukup dengan berwudhu akan tetapi jika sedang berhadas besar maka dianjurkan untuk mandi junub terlebih dahulu.

2. Menutup Aurat

Syarat sah sholat selanjutnya adalah menutup aurat, pastikan pakaian kita baik dan layak dan tidak ada celah sedikitpun untuk memperlihatkan aurat kita.

يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Artinya:

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

Dari ayat diatas sangat jelas kita dianjurkan untuk memakai pakaian yang indah, pakaian yang terbaik dan pastinya tidak memperlihatkan aurat.

3. Suci Badan, Pakaian dan Tempat Sholat

Suci dalam hal ini bukan dilihat dari satu sisi saja akan tetapi harus diperhatikan mulai dari badan pakaian dan tempat sholat semuanya harus bersih dan suci.

4. Sholat Pada Waktunya

Sholat terbagi atas lima waktu masing-masing ada waktunya maka dari itu syarat sah diterimanya sholat adalah dengan sholat pada waktunya.

baca juga: Cara Berwudhu Yang Benar

5. Menghadap kiblat

Syarat sah sholat yang terakhir adalah menghadap kiblat

وَمِنْ حَيْثُ خَرَجْتَ فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ ۚ وَحَيْثُ مَا كُنتُمْ فَوَلُّوا۟ وُجُوهَكُمْ شَطْرَهُۥ لِئَلَّا يَكُونَ لِلنَّاسِ عَلَيْكُمْ حُجَّةٌ إِلَّا ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنْهُمْ فَلَا تَخْشَوْهُمْ وَٱخْشَوْنِى وَلِأُتِمَّ نِعْمَتِى عَلَيْكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Terjemah Arti: Dan dari mana saja kamu (keluar), maka palingkanlah wajahmu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya, agar tidak ada hujjah bagi manusia atas kamu, kecuali orang-orang yang zalim diantara mereka. Maka janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku (saja). Dan agar Ku-sempurnakan nikmat-Ku atasmu, dan supaya kamu mendapat petunjuk.

Semoga Bermanfaat bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *