Cara Berwudhu Yang Benar

1 min read

Cara Berwudhu Yang Benar – Berwudhu merupakan cara bersuci dari hadas kecil, umumnya berwudhu dilakukan ketika akan melaksanakan sholat akan tetapi berwudhu jg dapat menjadikan kulit menjadi cerah secara alami.

Adapun cara berwudhu yang benar sesuai syaria’at islam adalah sebagai berikut:

1. Membaca Niat dan Basmalah

Segala seuatu yang akan kita mulai alangkah baiknya apabila semuanya dimulai dengan niat dan basmalah, apalagi berwudhu. Lafadz niat lebih afdhol jika dibaca didalam hati. Niat berwudhu adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ الْوُضُوْءَ لِرَفْعِ الْحَدَثِ اْلاَصْغَرِ فَرْضًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitul whudu-a lirof’il hadatsii ashghori fardhon lillaahi ta’aalaa

Artinya : “Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadast kecil fardu (wajib) karena Allah ta’ala”

2. Membasuh Pergelangan Tangan

Setelah berniat dilanjutkan dengan membasuh pergelangan tangan dimulai dari ujung jari sampai pergelangan tangan masing-masing sebanyak tiga kali kanan dan kiri

3. Berkumur-kumur dan Memasukkan Air Kedalam Hidung

dilanjutkan dengan berkumur-kumur sebanyak tiga kali dan memasukkan air kedalam hidung. memasukkan air kedalam hidung juga bertujuan untuk membersihkan sisa kotoran dan debu yang menempel di dalam rongga hidung.

4. Memasuh Wajah

Membasuh wajah ini dilakukan sebanyak tiga kali dengan batasan kanan kiri di batasi oleh telinga sedangkan bagian atas di batasi oleh kening sebelum menyetuh garis rambut dan bagian bawah sampai dagu.

5. Membasuh Tangan

Yang dimaksud disini membasuh tangan yaitu dimulai dari dari pergelangan tangan hingga siku, bukan malah kebalikannya siku sampai pergelangan itu salah. masing-masing dilakukan sebanyak tiga kali kanan dan kiri.

6. Mengusap Kepala

Mengusap kepala dimulai dari depan sampai kebelakang bukan sebaliknya, mengusap kepala hanya dilakukan sebanyak satukali saja.

7. Membersihkan Telinga

Membersihkan telinga ini dilakukan secara bersamaan sebanyak tiga kali

8. Membasuh Kaki

Membasuk kaki dimulai dari ujung kaki termasuk membersihkan seluruh sela-sela jari kaki sampai diatas mata kaki, semuanya harus terkena oleh air wudhu

9. Membaca Doa Setelah Berwudhu

Setelah rangkaian berwudhu selesai dilakukan makan hal terakhir yang tidak boleh kita lupakan adalah berdoa setelah berwudhu. adapun doa setelah berwudhu adalah sebagai berikut:

اَشْهَدُ اَنْ لاَّاِلَهَ اِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Asyhadu allaa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariika lahu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuuwa rosuuluhuu, alloohummaj’alnii minat tawwaabiina waj’alnii minal mutathohhiriina, waj’alnii min ‘ibadikash shaalihiina.

Artinya:

“Aku bersaksi, tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku mengaku bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba dan Utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang suci dan jadikanlah aku dari golongan hamba-hamba Mu yang shaleh”

10. Tertib dan Berurutan

Seluruh rangkaian cara berwudhu yang benar dilaksanakan secara berurutan antara satu dengan yang lainnya. karena apabila tidak, maka wudhu kita dianggap tidak sah.

Semoga Bermanfaat

Sekian.

Wassalamu”alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *