6 Hal Yang Dapat Membatalkan Sholat

1 min read

6 Hal Yang Dapat Membatalkan Sholat – Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Amalan yang pertama akan dihisab dihari kemudian adalah ibadah sholat, maka dari itu kita pasti mengharapkan ibadah sholat kita di terima oleh Allah Swt. Tentunya kita mengharapkan amal ibadah kita diterima oleh Allah, oleh karena itu alangkah baiknya kita memperhatikan segala sesuatu yang dapat membuat sholat kita diterima apakah karena ada faktor yang membuat sholat kita tidak diterima oleh Allah salah satunya karena sholat kita batal.

Maka dari itu kita akan membahas 6 Hal yang dapat membatalkan sholat sebagai berikut:

1. Melewatkan Salah Satu Rukun Sholat

Seluruh rukun dalam sholat sudah atur di dalam Al-qur’an dan sudah di ajarkan oleh nabi kita Muhammad Shallahu’alaihi wasallam untuk itulah yang dapat menjadi panutan kita,apabila salah satunya kita lewatkan utamanya thuma’ninah, maka dapat dianggap sholat kita batal.

Thuma’ninah dalam shalat itu termasuk salah satu rukun shalat. Shalat tidak dianggap sah atau batal tanpa ada thuma’ninah. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengingatkan kepada salah seorang shahabat yang melakukan shalat dengan buruk :

إِذَا قُمْتَ إِلَى الصَّلَاةِ فَكَبِّرْ ثُمَّ اقْرَأْ مَا تَيَسَّرَ مَعَكَ مِنْ الْقُرْآنِ ثُمَّ ارْكَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ رَاكِعًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَعْتَدِلَ قَائِمًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ افْعَلْ ذَلِكَ فِي صَلَاتِكَ كُلِّهَا

Jika engkau berdiri hendak melakukan shalat, maka bertakbirlah, kemudian bacalah ayat al-Qur’an yang mudah bagimu. Setelah itu, ruku’lah sampai engkau benar-benar ruku’ dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau tegak berdiri, setelah itu, sujudlah sampai engkau benar-benar sujud dengan thuma’nînah. Kemudian, bangunlah sampai engkau benar-benar duduk dengan thuma’nînah. Lakukanlah itu dalam shalatmu seluruhnya !

ارْجِعْ فَصَلِّ فَإِنَّكَ لَمْ تُصَلِّ

Kembalilah dan shalatlah ! karena sesungguhnya engkau belum melakukan shalat. 

Dari hadits ini, para ahli ilmu mengambil kesimpulan bahwa orang yang tidak meluruskan tulang punggungnya dalam ruku’ dan sujudnya, maka shalatnya tidak sah atau batal dan dia wajib mengulanginya kembali, sebagaimana sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada salah sahabat yang melakukan shalatnya dengan tidak benar di atas.

2. Tidak Menghadap Kiblat

Sudah dijelaskan didalam Al-qur’an bahwa seseorang jika ingin melaksakan ibadah sholat maka wajib hukumnya mengadap ke kiblat (ka’bah) dan apabila dia tidak menghadap ke kiblat maka sholatnya dianggap batal atau tidak sah

baca juga: Syarat Sah Sholat

3. Bercerita

jika kita memahami bagaiman tentang sholat, seluruh isi bacaan dalam sholat merupakan doa, maka tidak sepantasnya jika seorang hamba bercerita ketika sholat dan apabila itu terjadi maka sholat dia dianggap batal.

4. Makan Dengan Sengaja

Sama halnya dengan bercerita, sesungguhnya sholat itu memiliki gerakan tersendiri tidak boleh ada gerakan tambahan, apalagi makan dengan sengaja hal ini jelas dapat membatalkan sholat

5. Tertawa

Seseorang dalam melaksanakan sholat diwajibkan untuk khusyuk dalam sholatnya karena sholat kita sedang berhadapan dengan sang pencipta, namun apabila kita tertawa dengan sengaja apalagi sampai terbahak-bahak maka sholatnya tersebut dianggap batal atau tidak sah

6. Tertib dan Berurutan

Yang dimaksudkan tertib dalam sholat ini ialah apabila seorang hamba tertidur kemudian terbangun saat masuk waktu ashar lantas dia belum melaksanakan sholat dzuhur maka dia harus melaksanakan sholat dzuhur terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat ashar.

Semoga 6 Hal Yang Dapat Membatalkan Sholat yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. semoga kita termasuk kedalam orang-orang yang bertaqwa.

sekian

Syarat Sah Sholat

generasimuslim
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *