5 Adab Seorang Muslim Ketika Bangun Tidur

2 min read

5 Adab Seorang Muslim Ketika Bangun Tidur – Tidur merupakan sebuah kebutuhan manusia, karena dengan tidur manusia dalam melepas segala beban dan lelah selama beraktifitas. Tidur juga merupakan sebuah nikmat dan anugerah yang tak ternilai yang diberikan oleh Allah Swt. Sebagai umat muslim yang baik, kita sebaiknya mengamalkan adab bangun tidur sesuai sunnah Rasulullah SAW.

5 Adab Seorang Muslim Ketika Bangun Tidur yang telah sesuai sunnah Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

1. Mengusap Wajah

Adab bangun tidur pertama dilakukan adalah mengusap wajah bertujuan untuk menghilangkan perasaan kantuk ketika baru bangun tidur, tidak dianjur untuk langsung berdiri kemudian berjalan karena itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

2. Membaca Doa

Setelah baru bangun tidur dan semuanya sudah terasa baik, maka kita dianjurkan untuk membaca doa bangun tidur sebagai ungkapan syukur kita kepada Allah Swt yang telah membangunkan kita dari tidur. membaca doa juga merupakan ungkapan rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah menghidupkan kita kembali, karena tidur merupakan cerminan dari kematian

Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam ketika bangun tidur beliau membaca:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ

Artinya: Segala puji bagi Allah, yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami, dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan. (HR. Bukhari).

baca juga: Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Rasulullah SAW mengingatkan di setiap bangun tidur, yang tidur itu mirip dengan kematian, terhadap hari kebangkitan setelah mati kelak. Para ulama mengatakan, bahwa hikmah doa sebelum tidur adalah agar penutup amalannya adalah sebagaimana disebutkan. Dan hikmah doa bangun tidur adalah agar pembuka amalan di hari itu berupa mengingat tauhid dan perkataan yang baik.” (Syarah Shahih Muslim, 17 / 35)

3. Mencuci Tangan

Mengapa kita dianjurkan untuk mencuci tangan, karena ketika kita tertidur kita tidak mengetahui dimana tangan kita berada, maka dari itu kita dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum melakukan aktifitas yang lain.

Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إذا استيقظ أحدُكم من نومِهِ، فلا يَغْمِسْ يدَه في الإناءِ حتى يغسلَها ثلاثًا . فإنه لا يَدْرِي أين باتت يدُه

Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui dimana letak tangannya semalam” (HR. Bukhari no. 162, Muslim no. 278).

4. Berwudhu

Ketika bangun tidur godaan untuk kembali tidur sangat terasa, maka dari itu dengan berwudhu bertujuan untuk menghilangkan rasa kantuk yang masih dirasakan oleh seseorang.

baca juga: Cara Berwudhu Yang Benar

“Setan mengikat tengkuk kepala seseorang di antara kalian ketika sedang tidur dengan tiga ikatan. Pada setiap ikatannya ia mengatakan: “malammu masih panjang, teruslah tidur. Maka jika orang tersebut bangun, kemudian ia berdzikir kepada Allah, terbukalah satu ikatan. Kemudian jika ia berwudhu terbukalah satu ikatan lagi. Kemudian jika ia shalat maka terbukalah seluruh ikatan. Sehingga ia pun bangun dalam keadaan bersemangat dan baik jiwanya. Namun jika tidak melakukan demikian, maka ia biasanya akan bangun dalam keadaan buruk jiwanya dan malas.” (HR. Bukhari no. 1142, Muslim no. 776).

5. Bersegera sholat

Ketika bangun tidur apalagi kita terbangun diwaktu sepertiga malam, alangkah baiknya untuk segera melaksanakan sholat malam atau sholat tahajjud, karena sholat di sepertiga malam merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa.

Bergegas untuk sholat juga merupakan bentuk rasa syukur kita kepada Allah Ta’ala karena telah dihidupkan kembali, diberi kesempatan untuk bangun dan menghirup udara kembali. Sehingga rasa syukur atas hal ini diwujudkan dalam bentuk ibadah. Al ‘Aini mengatakan:

يَنْبَغِي أَن يجْتَهد المستيقظ على أَدَاء صَلَاة الْفجْر شكرا لله على حَيَاته وإعادة روحه إِلَيْهِ، وَيعلم أَن لإقامتها فضلا عَظِيما

“Hendaknya orang yang bangun tidur bersungguh-sungguh untuk segera mengerjakan shalat fajar (subuh), sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas kehidupan yang Allah berikan dan atas dikembalikannya ruh ke dalam tubuh kita. Dan hendaknya ia memahami bahwa hal itu merupakan nikmat yang besar” (Umdatul Qari, 5/70)

Semoga 5 adab seorang muslim ketika bangun tidur yang kami bagikan dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita tergolong kedalam orang-orang yang bertaqwa kepada Allah Swt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *